• Desktop Asril OS
    Ini merupakan tampilan default dari Desktop Asril OS. Anda dapat mengakses Menu Utama dengan icon Menu yang ada di pojok kiri bawah.
Selamat Datang di Website Resmi Asril OS | Distro Linux Lokal Indonesia | Tim Pengembang Asril OS

Sabtu, 25 April 2015

Memasang Printer di Asril OS

Manajemen mesin pencetak atau printer yang ada di Asril OS diatur oleh sebuah perangkat lunak server bernama CUPS (Common Unix Printing System). CUPS bertanggung jawab untuk menerima permintaan pencetakan baik dari lokal maupun dari jaringan, melakukan job pencetakan dan mengirim informasi ke printer untuk melakukan pencetakan.
Secara default, driver mesin pencetak akan langsung terpasang di Asril OS jika mesin pencetak tersebut sudah tersedia di sistem pada saat printer pertama kalinya dipasang ke komputer. Anda akan melihat pesan notifikasi bahwa printer baru telah ditambahkan.
Namun, jika mesin pencetak Anda tidak terdeteksi sama sekali atau printer terbagi di jaringan, Anda bisa membuka alat konfigurasi mesin pencetak yang Anda bisa buka melalui Menu Utama > Preferensi > Pengaturan Sistem pada sub Perangkat Keras pilih Printer, seperti tampak pada gambar berikut ini.
1. Perangkat Keras Printer
Selanjutnya akan ditampilkan menu untuk menambahkan printer baru, seperti tampak pada gambar berikut ini.
2. Sistem Konfigurasi Printer
Untuk menambahkan Printer, silahkan klik tombol [>Tambah>] maka anda akan melihat daftar Printer yang terpasang ke komputer anda, apabila Printer anda sudah di kenali, maka akan tampil nama printer anda tersebut (sebagai contoh Canon iP2700 Series) seperti tampak pada gambar berikut.

 3. Pencetak Baru
Untuk melanjutkan klik tombol [>Maju<], maka driver printer tersebut akan dicari dan dipasang secara otomatis, seperti tampak pada gambar berikut ini.
4. Mencari Driver Printer
Setelah Driver Printer sudah terpasang, maka secara otomatis Deskripsi Pencetak akan terisi, tetapi anda juga dapat merubahnya sesuai dengan keinginan anda, seperti tampak pada gambar berikut ini.
5. Deskripsi Pencetak
Jika sudah selesai semua, lanjutkan dengan klik tombol [>Terapkan>], maka akan muncul pilihan untuk mencetak Halaman Uji, untuk mengetahui apakah Printer anda sudah terpasang dengan benar. Untuk melakukannya, silahkan pilih [>Cetak Halaman Uji<], jika Cetak Halaman Uji dapat dicetak dengan baik, berarti Printer anda sudah terpasang dengan benar.
6. Cetak Halaman Uji
Untuk pengaturan yang lain, anda bisa atur melalui Properti Pencetak.
7. Properti Pencetak
Apabila sudah selesai semua, anda akan mendapatkan Printer anda sudah terdaftar pada Sistem Konfigurasi Printer seperti tampak pada gambar berikut.
8. Sistem Konfigurasi Printer
Demikian cara menambahkan Printer di Asril OS, semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Ditulis Oleh : Asril Marhamah ~ Tim Pengembang Asril OS

Anda sedang membaca artikel Memasang Printer di Asril OS. Jika Anda ingin mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, harap mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

.:. Mau widget ini ! .:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengen juga punya Web seperti ini Hub. +6283824858897