• Desktop Asril OS
    Ini merupakan tampilan default dari Desktop Asril OS. Anda dapat mengakses Menu Utama dengan icon Menu yang ada di pojok kiri bawah.
Selamat Datang di Website Resmi Asril OS | Distro Linux Lokal Indonesia | Tim Pengembang Asril OS

Sabtu, 28 Oktober 2023

Mengatasi MySQL Database yang tidak bisa berjalan.

MySQL Database di Asril OS 10.0 Tebbu [ᨈᨛᨅᨘ] sudah dibuat untuk berjalan secara otomatis, namun dalam kenyataannya tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sebenarnya Apache Web Server sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa kita lihat dari tampilan XAMPP Control Panel berikut ini.

XAMPP Control Panel

Hal ini pun berefek pada localhost phpMyAdmin yang tidak bisa diakses ataupun login. Berikut tampilan localhost PhpMyAdmin apabila dicoba untuk login.

phpMyAdmin

Selalu mendapat peringatan Gagal masuk ke MySQL Server dengan beberapa keterangan seperti berikut :

mysqli_real_connect(): (HY000/2002): No such file or directory

Koneksi untuk kontroluser yang di definisikan di konfigurasi Anda gagal.

Hal ini pun berakibat pada semua Aplikasi CMS yang menggunakan Database tidak bisa dipakai, karena tidak bisa login, selalu bermasalah. Untuk mengatasi hal ini, kita perlu melakukan suatu pengaturan pada MySQL yang ada di komputer dengan menggunakan beberapa baris perintah dari Terminal. 

Untuk memperbaikinya, silahkan buka Program Terminal dari Menu Utama > Administrasi > Terminal atau dengan kombinasi tombol ctrl + alt + T. Jika sudah terbuka, silahkan ketik perintah berikut dan tekan tombol Enter :

asril@asril:~$ sudo su 

Jika sudah masuk dalam mode Root silahkan lanjut dengan ketik perintah berikut dan tekan tombol Enter :

asril@asril:~$ sudo adduser mysql 

Setelah itu akan muncul baris untuk memasukkan password, silahkan ketikkan password yang akan digunakan. Silahkan diulangi dibaris berikutnya. Setelah selesai, akan diminta untuk memasukkan detail identitas. Disini kita dapat langsung menekan tombol Enter untuk menggunakan data standar ataupun mengetikkan sesuai dengan keinginan kita.

Setelah selesai mengisi data tersebut, akan muncul baris konfirmasi untuk Ya atau Tidak, silahkan ketik Y untuk menyimpan data yang sudah kita masukkan tadi.

Selanjutnya, kita terapkan semua perubahan yang sudah kita buat tadi. silahkan lanjut dengan ketik perintah berikut dan tekan tombol Enter :

asril@asril:~$ sudo chown mysql:mysql -R /opt/lampp/var/mysql 

Untuk lebih jelasnya, dapat kita lihat pada gambar berikut ini.

Terminal

Sampai disini kita sudah selesai memperbaiki MySQL Database yang bermasalah. Untuk melihat hasilnya, kita dapat membuka kembali XAMPP Control Panel dan menekan Tombol Restart All dan hasilnya MySQL Database sudah berjalan seperti tampak pada gambar berikut ini. 

XAMPP Control Panel

Demikian cara memperbaiki MySQL Database yang bermasalah dan tidak bisa berjalan. Semoga ini bisa membantu.


Sekian dari kami,
Salam Asril OS


Artikel Menarik Lainnya

Ditulis Oleh : Asril Marhamah ~ Tim Pengembang Asril OS

Anda sedang membaca artikel Mengatasi MySQL Database yang tidak bisa berjalan.. Jika Anda ingin mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, harap mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

.:. Mau widget ini ! .:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengen juga punya Web seperti ini Hub. +6283824858897