• Desktop Asril OS
    Ini merupakan tampilan default dari Desktop Asril OS. Anda dapat mengakses Menu Utama dengan icon Menu yang ada di pojok kiri bawah.
Selamat Datang di Website Resmi Asril OS | Distro Linux Lokal Indonesia | Tim Pengembang Asril OS

Rabu, 24 April 2013

Uji Coba Aplikasi Perkantoran di Asril OS

Dalam penggunakan Komputer untuk kegiatan sehari-hari, ada beragam pilihan aplikasi yang dapat kita gunakan. Sama halnya dengan aplikasi perkantoran, ini biasanya disesuaikan dengan Sistem Operasi yang digunakan. Namun tidak selamanya sesuai dengan keinginan kita, mungkin suatu waktu kita menggunakan Sistem Operasi yang berbeda, yang kemungkinan besar Aplikasi Perkantoran-nya pun berbeda. Kalau membuat dokumen dari awal sih itu tidak masalah. Bagaimana kalau kita sudah membuat dokumen dan ingin dibuka pada Sistem Operasi yang berbeda? Untuk mengetahui hasilnya, anda bisa simak uji coba berikut ini.
Dalam uji coba kali ini, saya sudah membuat sebuah dokumen pada Sistem Operasi Windows dengan menggunakan Microsoft Office Word 2007. Dalam dokumen tersebut terdapat penggunaan berbagai fitur yang ada. Setelah selesai dokumen tersebut disimpan dengan pengaturan default yang ada (dalam hal ini file-nya berbentuk *.docx). Sebagai gambaran berikut tampilan file tersebut setelah di buka di Asril OS.

Gambar 1. Microsoft Office Word 2007


Gambar 2. LibreOffice Writer

Gambar 3. FreeOffice TextMaker
Dalam ketiga gambar tersebut dapat dilihat perbedaannya. Pada gambar pertama, dokumen tersebut dibuka dengan Microsoft Office Word 2007 yang terpasang pada Sistem Operasi Windows (sebagai perbandingan saja). Apabila kita menggunakan program WINE di Sistem Operasi Linux untuk menjalan Program Microsoft Office 2007, tidak semuanya berjalan dengan mulus. Tampilannya hampir sama dengan di Sistem aslinya, tetapi dalam hal pengeditan dokumen tersebut, responnya minim, terkadang keyboard seperti tidak berfungsi, sehingga harus dibuka dari awal lagi (reopen) dokumen tersebut.
Pada gambar kedua, dokumen tersebut dibuka dengan LibreOffice Writer. Tampilanya menjadi berbeda dan ada beberapa tulisan yang tidak tampil dengan baik. Sehingga dokumen mengalami beberapa perubahan. Sedangkan pada gambar ketiga, dokumen tersebut dibuka dengan FreeOffice TextMaker. Tampilannya sangat berbeda bila dibandingkan dengan sebelumnya. Hampir semua format penulisan tampil dengan dengan baik.
Demikianlah uji coba membuaka sebuah file dengan dokumen yang dibuat dengan Aplikasi Microsoft Office Word 2007 di Asril OS dengan LibreOffice Writer dan FreeOffice TextMaker. Bagi anda yang sering berganti Sistem Operasi atau menerima file dengan berbagai format bisa mempertimbangkan Aplikasi yang akan digunakan. Anda bisa tentukan sendiri sesuai dengan keinginan anda dan tentunya yang tidak mengganggu pekerjaan sehari-hari. File Dokumen yang ditampilkan disini hanya sebagai contoh, mungkin saja ditempat anda akan ada perbedaan. Ini semua kembalinya kepada kita sebagai pengguna Komputer. Semoga bermanfaat!


Artikel Menarik Lainnya

Ditulis Oleh : Masriadi, S.Si. ~ Tim Pengembang Asril OS

Anda sedang membaca artikel Uji Coba Aplikasi Perkantoran di Asril OS. Jika Anda ingin mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, harap mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

.:. Mau widget ini ! .:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengen juga punya Web seperti ini Hub. +6283824858897