• Desktop Asril OS
    Ini merupakan tampilan default dari Desktop Asril OS. Anda dapat mengakses Menu Utama dengan icon Menu yang ada di pojok kiri bawah.
Selamat Datang di Website Resmi Asril OS | Distro Linux Lokal Indonesia | Tim Pengembang Asril OS

Selasa, 12 Agustus 2014

Memasang Asril OS 2.0 Salo Melalui Live DVD

lazada
Untuk pemasangan melalui Live DVD, anda harus mempersiapkan Live DVD dari Asril OS 2.0 Salo. Masukkan DVD tersebut ke dalam CD/DVD-ROM drive pada komputer anda. Restart komputer anda dan anda akan melihat menu awal dari Live DVD Asril OS 2.0 Salo, tekan tombol Enter untuk masuk ke modus Live DVD atau tunggu 10 detik, maka Distro Asril OS 2.0 Salo akan mulai dijalankan melalui DVD.
1. Menu Boot Asril OS 2.0 Salo

Tunggu sebentar sampai proses booting selesai. (Apabila diminta nama pengguna gunakan nama pengguna live tanpa password). Setelah proses booting selesai, maka anda akan melihat desktop Asril OS 2.0 Salo. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum memasangnya ke harddisk.
2. Desktop Asril OS 2.0 Salo

Untuk melakukan pemasangan Asril OS, klik ganda ikon Pasang Asril 2.0 yang ada di desktop atau klik Menu Utama > Preferensi > Pasang Asril 2.0. Dan kemudian sebuah wahana pandu akan membantu Anda dalam pemasangan Asril OS. Jika berjalan dengan baik, maka anda akan mendapatkan tampilan selamat datang seperti gambar berikut ini.
3. Pilih Bahasa

Pilih bahasa yang akan digunakan dalam PengInstalan (Standar Bahasa Indonesia). Setelah itu, lanjutkan dengan menekan tombol "Lanjutkan", maka anda akan mendapatkan tampilan bersiap memasang seperti tampak pada gambar berikut ini.
4. Bersiap Memasang Asril OS
Untuk melanjutkan, langsung tekan aja tombol "Lanjutkan" untuk ke tahap berikutnya, maka anda akan mendapatkan tampilan seperti pada gambar berikut ini.
5. Sambungan Nirkabel
Disini, anda akan diberi pilihan apakah akan menyambung ke Jaringan Nirkabel (jika ada) atau tidak. Abaikan saja, langsung tekan tombol "Lanjutkan" lagi untuk melanjutkan, maka anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar berikut.
6. Jenis Instalasi
Pada tahap ini, anda akan diberi pilihan untuk Jenis Instalasi. Catatan* Komputer yang saya gunakan untuk Instal memiliki Sistem Operasi Asril OS 1.0 Lopi yang terInstall, jika anda memiliki hal yang beda, mungkin anda akan mendapatkan tampilan yang berbeda pula. Pada panduan ini Jenis Instalasi yang dipilih yakni "Ganti Asril OS 1.0 Lopi (1.0) dengan Asril OS" karena kita akan mengganti Sistem Operasi Asril OS 1.0 Lopi. Kalau sudah, langsung tekan tombol "Lanjutkan" aja untuk ke tahap selanjutnya, maka anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar berikut.
7. Lokasi Anda
Silahkan pilih lokasi anda (atau biarkan saja secara default) dan lanjutkan ke tahap selanjutnya dengan menekan tombol "Lanjutkan", maka anda akan mendapatkan tampilan konfigurasi keyboard seperti tampak pada gambar berikut.
 
8. Susunan Papan Ketik
Silahkan pilih konfigurasi KeyBoard yang anda gunakan (atau biarkan saja secara default) dan lanjutkan ke tahap selanjutnya dengan menekan tombol "Lanjutkan", maka anda akan mendapatkan tampilan konfigurasi Pengguna seperti tampak pada gambar berikut ini.
9. Profil Pengguna
Silahkan masukkan Nama Anda, Nama Komputer Anda, Tentukan Nama Pengguna dan kata sandi anda, serta pilihan untuk LogIn, ini sebagai Profil Pengguna anda. Setelah selesai, lanjutkan ke tahap selanjutnya dengan menekan tombol "Lanjutkan", maka anda akan mendapatkan tampilan Slide Show (ubiquity) dari Sistem Operasi Asril OS, seperti tampak pada gambar berikut ini.
10. Tampilan Ubiquity
Dan apabila Proses Instalasi telah selesai, maka akan ada pemberitahuan bahwa Instalasi sudah selesai, seperti tampak pada gambar berikut ini. Anda dapat terus menggunakannya secara Live atau merestar komputer anda dan mencoba menggunakan hasil Instalasi anda, seperti tampak pada gambar berikut ini.
 
11. Instalasi Selesai
Untuk mencoba hasil Instalasi anda apakah berhasil atau tidak? Restar komputer anda dan pada pilihan Boot pertama pilih HardDisk yang sudah anda Install Asril OS 2.0 Salo didalamnya tadi. Jika berhasil, anda akan mendapatkan tampilan Desktop, seperti tampak pada gambar berikut ini.
12. Desktop Asril OS 2.0 Salo
Selamat. Instalasi Asril OS 2.0 Salo ke dalam HardDisk anda berhasil. Anda dapat menggunakannya seperti biasanya anda menggunakan komputer anda.

Note : Pada Pemilihan Jenis Isntalasi anda bisa memilih sesuai dengan kebiasaan anda atau sesuai dengan yang anda ketahui, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Artikel Menarik Lainnya

Ditulis Oleh : Masriadi, S.Si. ~ Tim Pengembang Asril OS

Anda sedang membaca artikel Memasang Asril OS 2.0 Salo Melalui Live DVD. Jika Anda ingin mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, harap mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

.:. Mau widget ini ! .:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengen juga punya Web seperti ini Hub. +6282136494745