• Desktop Asril OS
    Ini merupakan tampilan default dari Desktop Asril OS. Anda dapat mengakses Menu Utama dengan icon Menu yang ada di pojok kiri bawah.
Selamat Datang di Website Resmi Asril OS | Distro Linux Lokal Indonesia | Tim Pengembang Asril OS

Senin, 05 September 2016

Repositori Mini Asril OS 4.0 Cani [ᨌᨊᨗ]

Setelah membaca beberapa artikel tentang Pembuatan Repositori. Saya pun mencoba membuat Repositori Mini untuk Asril OS dengan berbekal kumpulan Paket Debian [*.deb] yang saya miliki yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Adapun Paket Debian yang saat ini ada di dalam Repositori Mini Asril OS adalah sebagai berikut :
  1. Alldeb_Maker dengan antarmuka grafis FLTK
  2. Alldeb_User dengan antarmuka grafis FLTK
  3. Isideb
  4. Otodidak
  5. Acrobat Reader
  6. Mobile Media Converter
  7. MultiSystem
  8. TeamViewer
  9. TV MAXE
  10. Virtual Box
  11. WPS Office
  12. XDMan
Bagi anda yang ingin mencoba menggunakan Repositori yang saya buat ini, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
Pertama, menambahkan GPG Key dari Repositori Asril OS ke dalam sistem anda. Untuk melakukannya silahkan ketikkan perintah berikut ini di Terminal :

sudo su
wget -O - http://sourceforge.net/projects/asril-os/files/repo-asrilos/cani/public-key.gpg.key | apt-key add -

Jika tidak ada masalah, maka anda akan mendapatkan keterangan bahwa penambahan GPG Key berhasil seperti tampak pada gambar berikut ini :



1. Penambahan GPG Key

Kedua, silahkan menambahkan alamat Repositori Mini Asril OS ke dalam file /etc/apt/sources.list pada sistem anda. Anda dapat menambahkannya melaui file manager ataupun melalui perintah di Terminal :

sudo su
gedit /etc/apt/sources.list

seperti tampak pada gambar berikut ini :

2. Edit Sources.list
Silahkan menambahkan alamat Repositori Mini Asril OS berikut ini ke dalam sources.list, kemudian simpan.

deb http://sourceforge.net/projects/asril-os/files/repo-asrilos/cani cani main

Ketiga, silahkan lakukan update Repositori sistem anda dengan mengetikkan perintah berikut ini di Terminal :

sudo apt-get update

Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai, seperti tampak pada gambar berikut ini :

3. Update Repositori
Jika tidak ada masalah, maka bisa dipastikan bahwa Repositori Mini Asril OS sudah tersedia pada sistem anda. Untuk memastikannya, anda dapat membuka program Synaptic Package Manager yang ada pada sistem anda. Coba gunakan mode panyaringan Asal, kemudian cari alamat dari SourceForge.net yaitu stable/main (sourceforge.net), maka anda akan mendapatkan semua Paket Debian [*.deb] yang ada di Repositori Mini Asril OS sudah tertera disana. Sekarang anda dapat memasangnya pada sistem anda dengan mudah.

4. Paket Repositori Mini Asril OS


Sekian dan terima kasih. Semoga Repositori Mini Asril OS ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Bagi anda yang memiliki Paket Debian [*.deb] dan ingin disumbangkan ke Repositori Mini Asril OS, bisa menghubungi kami. Kami akan menerimanya dengan senang hati. Salam Open Sources. Salam Linux Lokal Indonesia. Terima Kasih.


Artikel Menarik Lainnya

Ditulis Oleh : Asril Marhamah ~ Tim Pengembang Asril OS

Anda sedang membaca artikel Repositori Mini Asril OS 4.0 Cani [ᨌᨊᨗ]. Jika Anda ingin mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, harap mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

.:. Mau widget ini ! .:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengen juga punya Web seperti ini Hub. +6283824858897