• Desktop Asril OS
    Ini merupakan tampilan default dari Desktop Asril OS. Anda dapat mengakses Menu Utama dengan icon Menu yang ada di pojok kiri bawah.
Selamat Datang di Website Resmi Asril OS | Distro Linux Lokal Indonesia | Tim Pengembang Asril OS

Rabu, 14 April 2021

Memperbaiki Error Synaptic Manager di Pengaturan Repositori

Aplikasi Synaptic Manager Paket merupakan salah satu aplikasi manajemen paket yang di sertakan di rilis Asril OS. Synaptic Manager bisa berjalan dengan baik, namun sepertinya Pengaturan Repositori dari Synaptic Manager menampilkan Pesan Error jika dibuka. Sebagaimana yang ditampilkan pada gambar berikut ini.

Synaptic Manager Paket

Jika hal ini muncul, kita dapat memperbaikinya. Silahkan ditutup terlebih dahulu dengan klik tombol close untuk menutupnya terlebih dahulu, sebagaimana dapat kita lihat pada gambar diatas pada bagian A dan bagian B.

Untuk memperbaikinya, silahkan buka Program Terminal dari Menu Utama > Administrasi > Terminal atau dengan kombinasi tombol ctrl + alt + T. Jika sudah terbuka, silahkan ketik :

sudo xed /etc/apt/sources.list

Jika sudah selesai, maka akan tampak seperti pada gambar berikut ini .

Edit sources.list

kemudian tekan Enter, maka kita akan mendapatkan tampilan sources.list seperti tampak pada gambar berikut ini.

Tampilan sources.list

Silahkan diperhatikan pada baris ke 25 sampai baris ke 28. Silahkan diblok, seperti tampak pada gambar berikut ini.

Blok baris ke 25 sampai baris ke 28

Jika sudah diblok, silahkan dihapus. Ingat, yang dihapus hanya baris ke 25 sampai baris ke 28 saja. Jangan sampai baris yang lain ikut terhapus, karena itu akan menghapus Repositori yang ada. Jika sudah selesai, maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar berikut ini.

Hasil edit souces.list

Jika sudah yakin, silahkan di simpan dengan salah satu cara sebagaimana tampak pada gambar berikut ini.

Menyimpan hasil edit sources.list

Pada gambar diatas dapat kita lihat, untuk menyimpan hasil edit file sources.list dapat dilakukan dengan tiga cara. Pertama pada bagian A, kita dapat menyimpan dengan klik Menu File > Save / Simpan. Kedua pada bagian B, kita dapat menyimpan dengan klik Tombol Simpan / Save. Ketiga pada bagian C, kita dapat menyimpan juga dengan klik Tombol Close kemudian pilih Tombol Save / Simpan. Walaupun sebenarnya kita juga dapat menyimpan dengan kombinasi tombol Ctrl + S. Jika sudah selesai, kita bisa menutupnya dan kembali pada Aplikasi Synaptic Manager Paket.

Jika kita buka kembali Aplikasi Synaptic Manager sebagaimana pada langkah pertama diatas, dengan klik Menu Setting / Pengaturan > Repositori jika berhasil, maka kita tidak akan mendapatkan pesan error lagi, namun kita akan mendapatkan tampilan untuk mengatur Repositori seperti tampak pada gambar berikut ini.
Pengaturan Repositori sudah bisa dibuka

Dari menu ini, kita dapat mengatur Repositori, baik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Repositori yang ada dengan mengatur ceklist yang ada. Kita juga dapat Menambahkan Repositori yang belum ada atau Menghapus Repositori yang sudah ada.

Demikian cara memperbaiki pesan error yang ditampilkan Aplikasi Synaptic Manager dari Pengaturan Reposistori. Semoga ini bisa membantu.


Sekian dari kami,
Salam Asril OS


Artikel Menarik Lainnya

Ditulis Oleh : Asril Marhamah ~ Tim Pengembang Asril OS

Anda sedang membaca artikel Memperbaiki Error Synaptic Manager di Pengaturan Repositori. Jika Anda ingin mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, harap mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

.:. Mau widget ini ! .:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengen juga punya Web seperti ini Hub. +6283824858897