• Desktop Asril OS
    Ini merupakan tampilan default dari Desktop Asril OS. Anda dapat mengakses Menu Utama dengan icon Menu yang ada di pojok kiri bawah.
Selamat Datang di Website Resmi Asril OS | Distro Linux Lokal Indonesia | Tim Pengembang Asril OS

Minggu, 29 Desember 2013

Cara Membuat Live-USB dengan Program UnetBootin

lazada
Pada tulisan saya kali ini, saya akan berbagi cara membuat Live-USB dengan bantuan Program Unebootin. Cara ini terbilang cukup mudah untuk menikmati Linux tanpa harus meng-Install-nya terlebih dahulu dan terbilang murah, karena kita hanya butuh FlashDisk dan file ISO linux yang akan kita pakai dan tentunya dengan bantuan Program Unebootin. Cara ini sering saya pakai untuk membuat Live-USB, karena mendukung hampir semua Distro Linux. Pastikan FlashDisk anda sudah terpasang dengan benar. Untuk memulainya, silahkan pilih Program Unebootin yang ada di komputer anda, perhatikan pada gambar berikut ini.

1. Pilih Program Unebootin
Setelah memilih Program Unebootin, maka anda akan mendapatkan tampilan Program Unebootin seperti tampak pada gambar berikut ini.

2. Tampilan Unebootin

Setelah itu, silahkan pilih FlashDisk yang akan anda pakai sebagai Live-USB dengan menu DropDown yang ada di bawah (Note, FlashDisk akan dikenali berdasarkan abjad sesuai dengan pemasangannya, yang terakhir akan terdeteksi dengan abjad yang terakhir, contoh : sda, sdb, sdc, dst sesuai dengan jumlah Flashdik yang terpasang) seperti tampak pada gambar berikut ini.

3. Pilih USB

Perhatian, Pastikan FlashDisk yang anda gunakan sebagai Live-USB memiliki format setidaknya bertipe “Fat32 atau Ext4, format tipe ntfs tidak didukung. Setelah memastikan semuanya, silahkan pilih File ISO linux yang akan digunakan sebagai Live-USB dengan meng-klik tombol “....” seperti tampak pada gambar diatas, silahkan pilih lokasi penyimpanan file ISO Linux anda, sesuaikan dengan lokasi di komputer anda, perhatikan gambar berikut ini.

4. Pilih file ISO

Setelah memilih File ISO linux yang akan dibuat menjad Live-USB, untuk memulai prosesnya, silahkan klik tombol “OK” yang ada dibagian bawah, maka prosesnya akan berjalan seperti tampak pada gambar berikut ini.

5. Proses Berjalan

Tunggu sampai selesai, lama proses pembuatan ini tergantung besar kecil nya file ISO linux yang anda gunakan. Setelah selesai, anda akan mendapatkan tampilan seperti tampak pada gambar berikut ini.

6. Pembuatan Live-USB Selesai

Selamat. Sampai disini anda sudah berhasil membuat Live-USB. Anda dapat menikmatinya dengan membuatnya sebagai boot di komputer anda.







Artikel Menarik Lainnya

Ditulis Oleh : Masriadi, S.Si. ~ Tim Pengembang Asril OS

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat Live-USB dengan Program UnetBootin. Jika Anda ingin mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, harap mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

.:. Mau widget ini ! .:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengen juga punya Web seperti ini Hub. +6282136494745