• Desktop Asril OS
    Ini merupakan tampilan default dari Desktop Asril OS. Anda dapat mengakses Menu Utama dengan icon Menu yang ada di pojok kiri bawah.
Selamat Datang di Website Resmi Asril OS | Distro Linux Lokal Indonesia | Tim Pengembang Asril OS

Sabtu, 17 Januari 2015

Memasang DNS Nawala Secara Permanen

Sesuai dengan permintaan member dari Grup Komunitas Remaster Linux Indonesia, yang meminta tutor untuk memasang DNS Nawala secara permanen, berikut ini saya tuliskan cara-caranya.

Mengenal dunia internet, bagaikan mengenal dunia terang dan dunia gelap. Kita harus berhati-hati dan menggunakannya dengan baik. Kita bisa memperoleh berbagai hal yang kita inginkan. Untuk itu kita perlu berhati-hati dalam memanfaatkan jaringan internet. Jangan sampai kita salah dalam menggunakannya. Untuk mengantisipasi hal ini, kita dapat menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan bantuan Domain Name Service (DNS). Ada berbagai macam DNS yang dapat anda gunakan, salah satunya adalah DNS Nawala, seperti yang saya gunakan ini.

Untuk memasang DNS Nawala secara permanen di komputer anda [user linux] sangatlah mudah, ini akan aktif pada semua jenis jaringan yang anda gunakan. Berikut ini, saya tuliskan step by step nya.

Pertama, silahkan buka program “Terminal” yang ada di komputer anda.

Kedua, ketikkan perintah sudo gedit /etc/resolvconf/resolv.conf.d/head seperti berikut ini.

asrilmarhamah@PICO-DJH-Model:~$ sudo gedit /etc/resolvconf/resolv.conf.d/head ↵



Enter, kemudian masukkan password anda dan Enter lagi.

Ketiga, setelah terbuka program “gedit” nya dalam mode editor, silahkan tambahkan DNS Nawala dibawahnya,

nameserver 180.131.144.144
nameserver 180.131.145.145


sehingga hasilnya seperti tampak pada gambar berikut ini.

Menambahkan DNS Nawala


Jika sudah selesai, silahkan disimpan dan tutup kembali.

Keempat, setelah kembali pada “Terminal” silahkan cek konfigurasi DNS Nawala yang sudah kita pasang tadi dengan mengetikkan perintah sudo gedit /etc/resolv.conf seperti berikut ini.

asrilmarhamah@PICO-DJH-Model:~$ sudo gedit /etc/resolv.conf ↵

kemudian Enter.

Jika hasilnya menunjukkan DNS Nawala yang sudah kita pasang tadi seperti tampak pada gambar berikut ini, berarti konfigurasi nya sudah benar.

Cek Konfigurasi

Silahkan ditutup kembali.

Berikut tampilan semua perintah yang kita ketikkan di “Terminal”

Perintah di Terminal


Kelima, silahkan tutup kembali program “Terminal” anda, sampai disini pemasangan DNS Nawala secara permanen sudah selesai.

Untuk memastikan DNS Nawala bekerja dengan baik di komputer anda, anda dapat mencoba mengakses laman http://test.nawala.org/ jika hasilnya tampak seperti gambar berikut ini, berarti sudah bekerja dengan baik.

DNS Nawala aktif

Jika anda mencoba mengakses laman yang melanggar perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, maka anda akan mendapatkan peringatan seperti tampak pada gambar berikut ini.
  
Peringatan

Sekian dan terima kasih, semoga membantu. Tulisan Memasang DNS Nawala Secara Permanen juga tersedia dalam bentuk PDF.

Artikel Menarik Lainnya

Ditulis Oleh : Asril Marhamah ~ Tim Pengembang Asril OS

Anda sedang membaca artikel Memasang DNS Nawala Secara Permanen. Jika Anda ingin mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, harap mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

.:. Mau widget ini ! .:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengen juga punya Web seperti ini Hub. +6283824858897