• Desktop Asril OS
    Ini merupakan tampilan default dari Desktop Asril OS. Anda dapat mengakses Menu Utama dengan icon Menu yang ada di pojok kiri bawah.
Selamat Datang di Website Resmi Asril OS | Distro Linux Lokal Indonesia | Tim Pengembang Asril OS

Sabtu, 22 November 2014

Cara Membuat Distro Linux Sendiri dengan Remastersys

lazada
Remastersys merupakan tools yang terinspirasi dari fungsi mklive script pada distro Mandriva yang dapat digunakan untuk membackup sistem ada dua hal menarik yang dapat dilakukan remastersys pada distro linux debian based.
  1. Membuat full sistem backup termasuk personal data ke live cd/dvd yang dapat di gunakan di manapun dan dapat di instal (mirip ghost pada windows)
  2. Dapat digunakan untuk membuat salinan dari sistem anda untuk di bagikan ke teman- teman. Tapi tanpa ada data dari user sebelumnya.
Untuk menggunakannya klik Menu Utama > Administrasi > Remastersys. Kemudian masukkan password anda. Berikut tampilan utama dari Remastersys.

1. Remastersys
Untuk melakukan pengaturan pada distro yang akan anda buat, silahkan klik [>Customize<]. Disini anda dapat mengatur Splash Image, Grub Image, Plymouth Theme, User Settings, dan Configure. Silahkan atur sesuai dengan keinginan anda, untuk pengaturan yang lain, silahkan atur secara manual dari akses root anda. Jika sudah yakin semuanya, klik [>Main<] untuk kembali ke menu utama.

2. Menu Costumize
Untuk membuat distribusi baru dari linux anda klik [>Distribution<]. Untuk melakukan backup dari sistem anda, silahkan pilih [>Backup<]. Silahkan sesuaikan dengan keperluan anda. Maka proses remaster akan dimulai, tunggu hingga selesai (100%).

3. Proses Remaster
Berikut tampilan jika proses remaster berhasil dilakukan.

4. Remaster Sukses

Untuk memastikan remaster yang anda lakukan berhasil, silahkan cek hasil remaster anda di /home/remastersys/remastersys (sesuai dengan pengaturan anda) jika berhasil, anda akan mendapatkan file ISO hasil remaster anda di sana.
Note : pada saat memberikan nama untuk file ISO anda di “Configure” pada bagian “CUSTOMISO” jangan menggunakan spasi, pembuatan file ISO tidak akan pernah berhasil jika anda karakter spasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara remaster dengan Remastersys, saya sudah menyertakan buku panduan khusus untuk Remastersys berbasis GUI yang dapat anda akses melalui Menu Utama > Panduan > Panduan Remastersys GUI. Ada juga buku panduan Remaster Linux (Membuat Distro Linux Sendiri) yang dapat anda akses melalui Menu Utama > Panduan > Panduan Remaster. Pada buku panduan ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai remaster ini.


Artikel Menarik Lainnya

Ditulis Oleh : Asril Marhamah ~ Tim Pengembang Asril OS

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat Distro Linux Sendiri dengan Remastersys. Jika Anda ingin mengcopy paste atau menyebarluaskan artikel ini, harap mencantumkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

.:. Mau widget ini ! .:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengen juga punya Web seperti ini Hub. +6283824858897